Jumat, 11 Januari 2019

Latihan SOAL UKAI (UJI KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA) PART 16 

Tips mengerjakan latihan soal :
1. Kerjakan latihan soal sendiri
2. Diskusikan jawaban dengan kelompok belajar
3. Review materi + pembahasan soal yang sudah didiskusikan bersama


nomor 1
Seorang pasien datang ke Apotek meminta rekomendasi obat tukak lambung yang tepat untuk mengobati penyakitnya. Riwayat pengobatan dia pernah menderita batu ginjal. Obat manakah yang disarankan kepada pasien tersebut untuk terapi penyakitnya tanpa resep dokter?
a. Tablet Omeprazol
b. Tablet Simetidin
c. Tablet Ranitidin
d. Tablet Atapulgit
e. Tablet Antasida
triple therapy: omeprazole, klaritromisin, amoksisilin

nomor 2
Seorang apoteker di industri farmasi melakukan uji stabilitas dipercepat untuk menentukan kadaluarsa produk tablet Vitamin C 500 mg. Hasil studi praformulasi menunjukkan bahwa zat aktif berupa berupa serbuk kristalin putih sampai putih kekuningan dan tidak stabil terhadap reaksi oksidasi dan cahaya. Persamaan apakah yang paling sesuai untuk mengolah data hasil uji stabilitas tersebut?
a. Arrhenius (laju reaksi)
b. Young
c. Michaelis Menten  (kinetika)
d. Stokes  (sedimentasi)
e. Hixson Crowell (disolusi)

nomor 3
Seorang Ibu didiagnosis oleh dokter puskesmas menderita penyakit kaki gajah. Dokter meminta apoteker memilihkan obat untuk penyakit tersebut. Apa obat pilihan (drug of choice) untuk pengobatan pasien tersebut?
a. Dietilkarbamazin
b. Prazikuantel
c. Pirantel pamoat
d. Albendazol
e. Mebendazol


nomor 4
Apoteker di Instalasi Rumah Sakit Sumber Waras menerima sejumlah sediaan injeksi: Dexametason, Adrenalin, Sodium klorida 0,9%, Sisplatin dan Atropin. Obat apakah yang perlu diberi label High Alert?
a. Deksametason
b. Atropin
c. Sodium klorida 0,9%
d. Adrenalin
e. Sisplatin (kanker)

nomor 5
Pada tahap pengembangan produk tablet Verapamil HCl, saat in process control diketahui bahwa keregasan tabletnya 1.2 % dan waktu hancurnya 16 menit. Apakah kemungkinan penyebab permasalahan yang timbul pada pembuatan tablet Verapamil HCl tersebut?
a. Terlalu banyak penghancur
b. Terlalu banyak pelincir
c. Terlalu banyak pengikat
d. Terlalu banyak pengisi
e. Terlalu banyak zat aktif

nomor 6
Dalam pembuatan sediaan obat, terdiri dari berbagai tahap,dimana setiap tahap akan menghasilkan produk dengan istilah yang berbeda. Disebut apakah produk yang hanya memerlukan satu tahap pengemasan untuk menjadi produk jadi?
a. Produk ruahan
b. Produk pembanding
c. Produk antara
d. Produk me-too
e. Produk copy

Baca Juga :
TryOut OSCE Nasional Apoteker Indonesia
Rasanya kuliah S1 Farmasi Universitas Pancasila
Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI)
Lulusan Farmasi bakal Jadi Pengangguran?
Hal yang harus diperhatikan saat membeli obat, PENTING !

nomor 7
Industri Farmasi harus melakukan tindakan untuk mendeteksi kelemahan dan untuk menetapkan tindakan perbaikan yang diperlukan sebagai evaluasi apakah semua aspek produksi dan pengawasan mutu industri farmasi memenuhi ketentuan CPOB, Disebut apakah tindakan tersebut?
a. Audit mutu
b. Sertifikasi
c. Kualifikasi
d. Dokumentasi
e. Inspeksi diri

nomor 8
Seorang apoteker sedang melakukan pengujian BKO sibutramin dalam kapsul pelangsing herbal secara kromatografi lapisan tipis menggunakan lempeng silika gel dengan penyangga aluminium. Bercak sibutramin di bawah lampu UV/Vis sangat tipis, dan dibutuhkan pereaksi penampak bercak untuk memperjelas bercak sibutramin tsb. Apa nama pereaksi penampak bercak yang paling
tepat?
a. DNPH
b. p-DAB
c. Dragendorff
d. Ninhidrin
e. Asam kromotoprat

nomor 9
Seorang wanita profesional muda datang ke Apotek untuk membeli obat antihistamin non sedatif untuk pengobatan alergi yang dideritanya. Obat apa yang sebaiknya direkomendasikan kepada wanita tersebut?
a. trifelenamin
b. prometazin
c. klorfeniramin
d. setirizin
e. tripolidin

nomor 10
Seorang apoteker sedang menguji kadar cemaran asam salisilat bebas dalam bahan baku asam asetil salisilat. Persyaratan batas cemaran asam salisilat bebas dalam asam asetil salisilat adalah 0,1%. Berapa kadar larutan asam salisilat yang harus dibuat sebagai larutan pembanding cemaran pada uji tersebut?
a. 1,00 mg per ml
b. 0,10 g per ml
c. 0,01 g per ml
d. 0,01 mg per ml
e. 0,10 mg per ml

https://www.instagram.com/rubenandrianto/

nomor 11
Ny RF menebus resep untuk anaknya (6 tahun, 25 kg) yang berisikan obat racikan sebagai berikut: R/ Triamsinolon 2 mg, CTM 1 mg, Mf dtd pulv no XII, S 3.dd.1, (Apotek hanya menyediakan tablet triamsinolon 4 mg dan CTM 4 mg). Berapakah jumlah tablet ambroxol dan CTM yang dibutuhkan untuk membuat racikan?
a. 4 tablet triamsinolon dan 2 tablet CTM
b. 3 tablet triamsinolon dan 1,5 tablet CTM
c. 6 tablet triamsinolon dan 3 tablet CTM

nomor 12
Untuk memenuhi kebutuhan pengawet larutan 2% klorbutanol sebanyak 150mL, anda harus membuat pengenceran dari larutan persediaan 7,5%. Berapa banyak larutan persediaan dan pelarut yang anda butuhkan untuk keperluan tersebut?
a. 35mL persediaan, 115mL pelarut
b. 140mL persediaan, 10mL pelarut
c. 40mL persediaan, 110mL pelarut
d. 20mL persediaan, 130mL pelarut
e. 10 mL persediaan, 140 mL pelarut

nomor 13
Produk obat disebutkan agar disimpan pada suhu kamar atau suhu ruang kerja. Suhu tersebut harus dikendalikan. Berapakah suhu dimaksud menurut FI IV ?
a. 25-35oC
b. 20-25oC
c. 10-15oC
d. 15-30oC
e. 15-25oC

nomor 14
Bagian R & D sebuah industri farmasi berencana membuat Larutan isotonik dekstrosa-natrium klorida dengan formula sbb.: R/ Dekstrosa, anhidrat 2,5% Natrium klorida qs Aq pro injeksi ad 1000 ml. NaCl ekivalen (E value) untuk dekstrosa =0,18. Berapa gram natrium klorida harus digunakan untuk membuat larutan tersebut?
a. 4,5
b. 3,0
c. 4,0
d. 2,5
e. 3,5

nomor 15
Bagian R & D industri farmasi yang sedang mengembangkan formula sediaan Krim Docosanol yang bekerja sebagai anti- viral topikal. Hasil evaluasi sediaan krim menunjukkan bahwa dua minggu setelah produksi terjadi peningkatan ukuran globul. Apa penyebab terjadinya perubahan tersebut?
a. Jumlah fasa minyak kurang
b. Jumlah pengawet kurang
c. Jumlah emulgator kurang
d. Jumlah antiosidan kurang
e. Jumlah fasa air kurang

nomor 16
Industri farmasi akan melakukan produksi sediaan bebas kontaminasi mikroorganisme. Disebut apakah rangkaian tindakan yang dilakukan untuk menghindarkan kontaminasi dimaksud?
a. Teknik Aseptis (bebas mikroba yang menyebabkan penyakit)
b. Eradikasi (pemusnahan total)
c. Kualifikasi HVAC
d. Desain Ruang Kelas A
e. Sterilisasi (bebas semua mikroba)

nomor 17
Seorang pasien penderita TBC datang ke Apotik mengeluh kencingnya menjadi berwarna merah setelah minum obat TBC, turun panas dan vitamin sebagai berikut : isoniazida, rifampisin, etambutol, parasetamol, dan vitamin B kompleks yang diperoleh dari Puskesmas. Setelah menyelidiki obat-obat yang diminum pasien tersebut, apa informasi/ rekomendasi yang harus diberikan kepada pasien?
a. Teruskan minum semua obat yang diperoleh
b. Hentikan minum etambutol dan kembali ke puskesmas
c. Hentikan minum rifampisin dan kembali ke puskesmas
d. Hentikan minum isoniazida dan kembali ke puskesmas
e. Hentikan minum semua obat dan kembali ke puskesmas

nomor 18
Untuk mengurangi efek ketergantungan dan frekuensi abstinen syndrome (sindroma penghentian) pada pasien pengguna narkotika golongan opiat, dokter rumah sakit ketergantungan obat memberikan obat substitusi/pengganti bentuk sirup yang mempunyai efek narkotika lebih panjang dan digunakan per oral. Apa nama obat yang dimaksud?
a. Nalorfin
b. Kodein
c. Metadon
d. Petidin
e. Oksimorfon

nomor 19
Seorang apoteker akan mengembangkan bentuk sediaan mengandung karbamazepin untuk anak. Produk tersebut akan dipasarkan di negara yang masyarakatnya sangat selektif terhadap kehalalan suatu produk. Hasil studi praformulasi menunjukkan bahwa karbamazepin berupa serbuk berwarna putih, stabil pada suhu ruang, praktis tidak larut dalam air, tetapi mudah larut dalam alkohol. Bentuk
sediaan apakah yang paling sesuai untuk pengembangan produk tersebut?
a. eliksir
b. kapsul
c. suspensi
d. tablet
e. larutan

nomor 20
Seorang pasien laki-laki didiagnose oleh dokter forensik Rumah Sakit Husada menderita keracunan Arsen. Dokter meminta apoteker menyiapkan obat antidotum racun tersebut. Obat apa yang harus disiapkan apoteker tersebut?
a. Natrium nitrit
b. Natrium tiosilfat
c. Dimerkaprol
d. Atropin
e. Efinefrin

nomor 21
Seorang ibu datang ke Apotek untuk membeli obat tetes mata untuk mengatasi iritasi mata yang dideritanya. Apoteker memberikan obat tetes mata multidosis dan memberikan informasi tentang dosis, cara penggunaan dan penyimpanan obat tersebut. Berapa lama obat tersebut setelah pertama kali dibuka masih boleh digunakan dan setelah itu harus dibuang?
a. 2 minggu
b. 4 minggu
c. 3 minggu
d. 5 minggu
e. 1 minggu

nomor 22
Di industri terdapat bagian yang melakukan tindakan menyimpan catatan pengujian, pengkajian ulang hasil pemeriksaan, evaluasi dokumen produksi, penyelidikan terhadap kegagalan bets atau penyimpangan proses, dan menyimpan contoh pertinggal. Merupakan sebagian dari tugas utama bagian apakah tindakan tersebut ?
a. Bagian Gudang
b. Bagian Pengawasan mutu
c. Bagian Produksi
d. Bagian pemastian mutu
e. Bagian PPIC

nomor 23
Seorang apoteker berencana untuk merancang formula tablet anti diare dari bahan herbal yang mengandung kadar tanin tinggi. Simplisia apa yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut?
a. Biji Jali
b. Rimpang kunyit
c. Rimpang kencur
d. Buah belimbing
e. Daun jambu biji

nomor 24
Dewasa ini sering diberitakan kematian sejumlah orang setelah menegak minuman keras oplosan. Hasil uji terhadap minuman keras tersebut ditemukan adanya jenis alkohol dengan rasa sedikit manis tetapi toksisitasnya lebih tinggi dari etanol, dapat menyebabkan kebutaan sampai kematian. Apa nama alkohol tersebut?
a. Propilalkohol
b. Etilalkohol
c. Isopropilalkohol
d. Metilalkohol
e. Etilenglikol

nomor 25
Breath Alcohol Analyzer adalah alat canggih untuk mengidentifikasi adanya alkohol pada udara yang
dikeluarkan dari saluran pernapasan orang yang diduga mabuk karena meminum alkohol. Alkohol akan segera diabsorbsi oleh cell sensor analyzer yang merupakan elektrode. Elektrode ini segera menggerakkan pelepasan elektron dari alkohol. Elektron akan mengalir melalui sirkuit luar dan ditangkap oleh oksigen, menghasilkan aliran listrik. Apa reaksi kimia yang terjadi pada alkohol dalam elektrode?
a. Hidrolisis
b. Oksidasi
c. Hidrogenasi
d. Kondensasi
e. Elektrolisis

*Berisikan soal-soal latihan, bila ada penjelasan yang kurang tepat mohon saling membantu diberikan penjelasan yang benar di kolom komentar.
*Jawaban merupakan referensi pribadi, bila soal diberikan bersamaan dengan jawaban, setiap jawaban harus dicek kembali


Selamat Belajar, Sukses UKAI !

LABORATORY . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates