Jumat, 11 Januari 2019

Latihan SOAL UKAI (UJI KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA) PART 15

 Latihan SOAL UKAI (UJI KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA) PART 15 

Tips mengerjakan latihan soal :
1. Kerjakan latihan soal sendiri
2. Diskusikan jawaban dengan kelompok belajar
3. Review materi + pembahasan soal yang sudah didiskusikan bersama

nomor 1
Seorang industri farmasi menyiapkan SPO (Standar Prosedur Operasional) untuk melakukan depirogenasi untuk alat-alat gelas untuk produksi NaCl 0,9%. Metode yang digunakan yaitu pemanasan dengan menggunakan oven pada suhu 250 C. Berapa menit waktu proses untuk melakukan depirogenasi tersebut ?
A. 10 menit
B. 15 menit
C. 30 menit
D. 45 menit
E. 60 menit

nomor 2
Seorang laki laki berusia 65 tahun menderita diabetes mellitus ditemukan keluarganya dalam keadaan lemas setelah menggunakan obatnya, sehingga dibawa ke ugd dan diketahui mengalami hipoglikemia dengan kadar glukosa darah 40 mg/dl, setelah diberikan injeksi dextrosa, keadaan pasien membaik dengan kadar glukosa darah sebesar 122 mg/dl. apakah obat anti diabetes yang berpotensi menimbulkan kondisi tersebut ?
A. Metformin
B. Sulfonilurea
C. Medglitol
D. Thiazolidindion
E. Penghambat a-glukosidase

nomor 3
Seorang laki laki berusia 40 tahun datang ke apotek dan mengeluhkan sulit buang air besar selama 3 hari. ia mengaku sering mengkomsumsi makanan berserat dan cukup minum. ia menanyakan dan bermaksud membeli obat untuk mengatasi keluhan tersebut. apa obat yang tepat yang akan anda berikan untuk mengatasi keluhan tersebut?
A. Attapulgit
B. Bisacodil
C. Hiosiamin
D. Loperamide
E. Ranitidin


nomor 4
Seorang pasien berumur 60 tahun pernah menjalani pengobatan tuberkulosis kategori 1, namun berhenti pada bulan ke4 karena pasien merasa sudah sembuh. Pada bulan ke8 kembali ke puskesmas dengan keluhan batuk selama 2 bulan, demam, berkeringat tiap malam. Hasil rontgen dan BTA menunjukkan pasien masih positif tuberkulosis. Pengobatan tuberkulosis kategori ke berapakah yang dapat diberikan?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

nomor 5
Suatu PBF mengantarkan Alprazolam 1 box ke apotek X. Siapakah yang berhak
menerimanya ?
A. Asisten apoteker
B. Kasir
C. Tenaga kefarmasian
D. APA
E. Bagian penyimpanan
nomor 6
Seorang pasien terkena malaria dan memiliki riwayat maag. Dokter meresepkan klorokuin dan simetidin. Dokter meminta pendapat ke apoteker. Interaksi obat yang dapat terjadi adalah...
A. Klorokuin meningkatkan konsentrasi plasma simetidin
B. Klorokuin menurunkan konsentrasi plasma simetidin
C. Simetidin meningkatkan absorbsi klorokuin
D. Simetidin menurunkan absorbsi klorokuin
E. Klorokuin dan simetidin terikat di protein plasma
nomor 7
Ekstrak phylantii herba secara empiris dipercaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Industri farmasi akan memproduksinya menjadi sediaan sirup. Berdasarkan hasil uji pd manusia dinyatakan aman diberikan. Obat tersebut termasuk ke golongan ?
A. Jamu racikan
B. Jamu
C. Fitofarmaka
D. Obat herbal terstandar
E. OKB

https://www.instagram.com/rubenandrianto/

nomor 8
Industri farmasi akan membuat ruang produksi obat analgetik dan antipiretik. Ruangan tersebut memiliki ketetapan jumlah partikel tertentu, ukuran partikel tertentu. Ruangan tersebut masuk dalam kelas gray area. Berapak ukuran partikel yang sesuai
A. <100000
B. >100000
C. <10000
D.>100
E. <100

nomor 9
Seorang Ibu berusia 67 tahun menderita rhemathoid athritis dan hipeuresemia. Berobat ke dokter dan mendapatkan obat methotrexate, asam folat, deksamaetason, allupurinol, dan ibu profen. Tetatpi setelah melakukan pemeriksaan didapatkan hasil kepadatan tulang pemeriksaan T kurang dari -2,5 . Obat apa yang menyebabkan hal tersebut?
A. Methotrexate
B. Asam folat
C. Deksametasone
D. Allupurinol
E. Ibuprofen

nomor 10
Seorang pemuda datang ke apotek mengeluhkan sulit buang air besar, kemudian setelah ditanya diketahui bahwa pria tersebut memiliki riwayat sakit batuk dan flu dan mendapatkan resep dari dokter berupa Kodein 10 mg, bromhexin 8 mg, loratadin 10 mg, metilprednisolon 8 mg, dan lansoprazole 30 mg. Obat manakah yang menyebabkan kondisi tersebut?
A. Kodein 10 mg

B. Bromhexin 8 mg
C. Loratadin 10 mg
D. Metilprednisolon 8 mg
E. Lansoprazole 30 mg

nomor 11 
Seorang pria ( usia 65 tahun) sedang menjalani terapi TB , pasien mengeluhkan pengelihatannya berkurang , obat apa yg menyebabkan kondisi tersebut?
A. Pyrazinamid
B. Ethambutol
C. Isoniazid
D. Rifampisin
E. Streptomycin

nomor 12
Kepala IFRS mendapat teguran dari SMF penyakit dalam terkait stock out sediaan insulin selama 1 minggu. Konsep manajemen cycle fase apakah yang harus dievaluasi dari keapala IFRS itu?
A. Selection
B. Procurement
C. Strorage
D. Distribution
E. Use

Baca Juga :
TryOut OSCE Nasional Apoteker Indonesia
Rasanya kuliah S1 Farmasi Universitas Pancasila
Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI)
Lulusan Farmasi bakal Jadi Pengangguran?
Hal yang harus diperhatikan saat membeli obat, PENTING !

nomor 13 
Industri farmasi secara rutin memproduksi tablet amlodipin secara berkala melakukan evaluasi yang dipersyaratkan cpob yang dilakukan oleh personil secara kompeten. Evaluasi apakah yg dimaksud?
A. Kualifikasi
B. Validasi
C. Dokumentasi
D. Inspeksi diri
E. Kalibrasi

nomor 14
Bagian riset dan pengembangan industri farmasi akan membuat sediaan lepas pambat piroksikam yang termasuk golongan BCS kelas II. Uji pelepasan obat secara in vitro diperlukan untuk mengetahui kinetika dan mekanisme pelepasan zat aktifnya. Kecepatan pelepasan obat pada dosis awal (initial dose) ditentukan oleh tahapan yang paling lambat. Apa tahapan yang dimaksud?
A. Absorpsi
B. Kelarutan
C. Permeabilitas
D. Permeasi
E. Penetrasi

nomor 15
Bagian produksi suatu industri farmasi akan memproduksi sediaan steril injeksi iv aminofilin. kecepatan udara ruangan produksi industri farmasi tersebut harus tervalidasi sesuai dengan CPOB yang berlaku. berapa kecepatan udara seharusnya?
A. 0,15-0,23 m/det
B. 0,24-0,35 m/det
C. 0,36-0,54 m/det
D. 0,42-0,62 m/det
E. 0,23-0,54 m/det

*Berisikan soal-soal latihan, bila ada penjelasan yang kurang tepat mohon saling membantu diberikan penjelasan yang benar di kolom komentar.
*Jawaban merupakan referensi pribadi, bila soal diberikan bersamaan dengan jawaban, setiap jawaban harus dicek kembali


Selamat Belajar, Sukses UKAI !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar