Jumat, 18 Agustus 2017

Pantaskah kita menikmati Kemerdekaan ini?


Pantaskah kita menikmati Kemerdekaan ini?

Tema: Hari Kemerdekaan
Kemerdekaan  Republik Indonesia yang ke 72, merupakan kebahagiaan bagi setiap anak bangsa. Kemerdekaan memiliki banyak arti yang dapat diartikan oleh setiap orang. Misalnya ada yang berkata, “merdeka itu artinya merdeka dari korupsi” dan ada juga yang berkata “pahlawan dahulu telah berjuang, sekarang giliran kita menjaga hasil perjuangannya”.  Pendapat-pendapat seperti ini kurang lebihnya banyak dilontarkan oleh kita secara sadar maupun tidak sadar. Berbicara mengenai hari kemerdekaan  tentu kita  tidak lupa dengan perjuangan para pahlawan.
Mengingat perjuangan para pahlawan yang panjang dan penuh keberanian membuat kita dapat merefleksikan diri, “apakah kita pantas menikmati kemerdekaan ini?”. Saya pribadi percaya bahwa “ Kemerdekaan datang bukan karena diundang melainkan karena diperjuangkan”. Ya, diperjuangkan oleh mereka yang kita sebut pahlawan negara. Mereka yang berjuang lalu kita yang menikmati, kembali kepertanyaan refleksi diatas “pantaskah kita menikmati kemerdekaan ini?”. Kemerdekaaan diperjuangkan oleh seluruh bangsa Indonesia, hal ini kita percayai bahwa kemerdekaan diperjuangkan bersama bukan sendirian. Hal ini yang mendasari “Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”. Indonesia merupakan negara yang sangat beragam, kebudayaan yang begitu kaya  inilah yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Keunikan dari sabang sampai merauke membuat Indonesia menjadi negara yang luar biasa hebat. Saya terus membayangkan bila pemerataan pembangunan, pemerataan pendidikan dan pemerataan kesehatan di seluruh penjuru Indonesia. Hal ini akan membuat Indonesia menjadi salah satu negara besar dengan keberagaman budaya dan kualitas masyarakat yang dapat bersaing skala internasional.
Semua ini dapat terwujud bila kita “Kerja Bersama”. Bila pada zaman kakek kita, mereka para pahlawan berjuang dengan tombak melawan penjajah. Kini apakah peran kita sebagai penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan mereka? Kita sebagai pemuda Indonesia dapat menghidupi nilai kemerdekaan dengan berjuang untuk menghasilkan karya-karya dan mengharumkan negara kita. Namun, mari kita melihat kondisi pemuda sekarang ini kebanyakan hidupnya hanyalah mengkritik, komen di sosial media dengan kata-kata kasar, update status curhat, berdebat pendapat orang lain di sosial media dan banyak lagi. Hal ini sudah bukan menjadi aneh di masyarakatkan? Tentu tidak dipungkiri, juga banyak masyarakat yang sudah sadar dan mulai berkarya bukan hanya memberi komentar negatif ke karya orang lain terus. Indonesia yang merdeka tentu saja berbicara keseluruhan aspek kehidupan di bangsa ini, mental dan prestasi generasi pemuda juga merupakan aspek dari Kemerdekaan Indonesia itu sendiri.
Solusi dari permasalahan di Indonesia ini, salah satunya adalah setiap kita selalu “kembali menyadari jasa para pahlawan dan milikilah rasa tanggungjawab untuk meneruskan perjuangan mereka”. Berkarya bukan berbicara soal prestasi saja, tapi lebih dalam lagi yaitu melakukan sesuatu bukan untuk diri sendiri saja, tetapi memberikan dampak baik bagi orang lain dan lebih-lebihnya yaitu membuat orang lain memiliki kehidupan yang lebih baik dari hari kemarin. Jadi, tunggu apalagi? Berhenti memberikan hal negatif ke orang lain dan bersama kita mulai hari dengan memberikan hal positif bagi orang sekitar kita. Kemerdekaan datang bukan karena diundang melainkan karena diperjuangkan.

Bentuk kepedulian anak bangsa dalam hal positif  tentu saja salah satunya adalah kepedulian terhadap kesehatan gigi. Kesehatan gigi yang kurang baik, tentu dapat mengganggu kesempatan kita untuk melakukan hal yang positif. Cek info dan kesehatan gigi kamu di http://dentaluniverseindonesia.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar